Linda Sutarjo, Dokter Cantik Multitalenta

 


Terus terang saya lupa kapan kali pertama saya mengenal sahabat yang satu ini. Yang teringat itu adalah ketika kami sama - sama membentuk komunitas WomenPreneur yang anggotanya para perempuan pengusaha. Dari sini saya mulai akrab dengan Bu Doclin, demikian ia biasa dipanggil yang punya kepanjangan Dokter Linda Sutarjo.

Orangnya cantik, lemah lembut tapi sebenarnya jiwanya itu penuh dengan gejolak rasa ingin tahu dan mencoba sesuatu hal baru selain pekerjaan utamanya dia sebagai dokter gigi. Ini bisa saya lihat dari aktivitas dia, mulai dari instruktur Yoga, bisnis sepatu dan terakhir dia juga menyanyi lagu religi. Itulah mengapa dia saya bilang dokter yang multitalenta.

Bahkan terakhir dia membeli akun youtube saya Rp 8 juta dengan subscribe 9 ribu dan telah monetize. Saya bilang ke dia untuk apa Bu? Lalu dijawab bahwa dia akan berbisnis youtube dengan konten musik.

Waktu itu saya bilang ke dia kalau mengelola youtube itu mesti sabar karena tidak seindah yang dibayangkan, kecuali untuk para artis itu lain cerita, tapi dia memang orangnya keuekuh dan bertekad kuat. Akhirnya dengan berat hati juga saya relakan akun youtube ke Bu Doclin.

Saya dan istri serta beberapa komunitas WomenPreneur pernah bersilaturahim ke rumahnya di Jakarta Timur. Rumahnya cukup sederhana untuk ukuran seorang dokter. Kalau dilihat usia dia sama dengan saya kelahiran tahun 1980 an, itulah mengapa kalau ngobrol nyambung karena memang seusia.

Dia juga pernah saya minta menjadi narasumber pada kuliah twits di group whatsapp yang saya kelola secara online. Terus terang dia sebenarnya orang yang mudah berbagi ilmu.

Karena saya tidak pernah menanyakan sesuatu yang private maka tidak mengenal lebih jauh silsilah keluarganya termasuk suaminya. Yang saya kenal suaminya seperti pegawai dan dia asli gen Jogjakarta cuma kuliah di Fakultas Kedokter di Universitas Padjajaran Bandung.

Saat saya mengenal dia masih aktif bekerja di Kementerian Dalam Negeri dan membuka praktik dokter gigi. Namun saya terkejut ketika mendapatkan kabar bahwa ada persoalan serius tentang keluarganya.

Informasi ini saya dapatkan dari salah seorang yang menjadi mitra kerjanya dalam penggarapan video album religi. Dia katakan kepada saya bahwa Bu Doclin ada masalah hubungan dengan suami dan diambang perceraian.

Terus terang saja saya kaget dan tidak percaya dengan informasi itu. Saya pun menghubungi teman dekatnya sesama dokter, yaitu Drg.Made Megawati.

Saya mengkonfirmasi soal informasi yang saya terima itu apakah benar atau tidak. Dari jawaban Bu Dokter Made memang informasi itu benar, meskipun dia tidak menerangkan secara detail soal masalah yang dihadapi Bu Doclin dan saya juga tidak menanyakan detail karena terus terang saja urusan begini saya lebih memilih menahan diri.

"Kita doakan ya Pak, semoga Doclin baik - baik saja," kata Bu Dokter Made yang saya jawab Aamiin. Terus terang sepanjang saya mengenal Bu Doclin kami tidak pernah membicarakan urusan private, itu mengapa saya kaget ketika mendengarkan informasi kalau Bu Doclin sedang menghadapi masalah rumah tangga.

Karena sepanjang saya mengenal hubungannya baik - baik saja bahkan mereka sering rekreasi bersama anak - anak mereka. Pernah suatu ketika dia ingin main - main ke Banten untuk mencari inspirasi tapi tidak diizinkan suami lalu saya bilang ke dia, lebih baik jangan Bu kalau suami tidak mengizinkan dan akhirnya dia urungkan niatnya.

Sampai tulisan ini saya buat kami lost contac dan saya pun tidak mencari tahu nomor yang bisa dihubungi. Biarlah dia tenang dan menyelesaikan masalah internal keluarga, tanpa gangguan orang luar yang tidak ada hubungannya.

Saya doakan semoga Bu Doclin baik - baik saja dan kembali harmonis hubungan keluarga dan bersama - sama keluarga tercinta menatap masa depan yang bahagia, aamiin. ***

Posting Komentar

advertise